DISPARBUD Karawang Mengikuti Pra Kongres Bahasa Daerah Wilayah Budaya Priangan

DISPARBUD Karawang Mengikuti Pra Kongres Bahasa Daerah Wilayah Budaya Priangan

Jabarexpose.com._Karawang.- Puluhan pelaku budaya khususnya pemerhati bahasa daerah serta sastrawan, hadir dalam rangka “Pra Kongres Bahasa Daerah Wilayah Budaya Priangan” bersama dinas pariwisata dan kebudayaan seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang digagas oleh dinas pariwisata dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Pra Kongres Bahasa daerah Wilayah Budaya Priangan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bahctiar, serta hadir juga kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, beserta Neni Martini selaku Sub Koordinator pengembangan kebudayaan.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berjanji akan melestarikan bahasa sunda, sehingga ke depan akan disusun regulasinya dalam bentuk PERGUB atau PERDA.

Kegiatan pra kongres bahasa daerah budaya priangan ini, sebagai bentuk kekhawatiran bersama dari budayawan sastrawan dan pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap kelestarian bahasa Sunda di masa yang akan datang.

Pra kongres bahasa ini menjadi sangat penting, selain sebagai ajang silaturahmi pelestarian bahasa Sunda juga dapat menjadi langkah awal penguatan komitmen pelestarian bahasa sunda yang lebih terarah dan berkelanjutan. Demikian kata Yudi Yudiawan selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang.

Bahasa sunda merupakan salah satu identitas masyarakat Jawa Barat. Penggunaan bahasa Sunda sebagai bahasa pergaulan sehari-hari dan bahasa pengantar dalam upacara adat masyarakat dapat melestarikan dan mempertahankan bahasa Sunda.

Mulai dari lingkungan keluarga hingga desa diharapkan dapat menjadi benteng pelestarian Bahasa Daerah. Selain itu perlu juga diharapkan bahasa sunda tersebut diterapkan dalam bidang kesenian. Misalnya dari kesusastraan, pertunjukan hingga seni musik yang bernyanyi menggunakan bahasa sunda seperti lagu Doel Sumbang yang sekarang sedang viral.

Reporter : Ocm/red