Kata Bupati Rudy Gunawan Di Garut Bisa Bangun Jalan Pakai Sampah Plastik

Garut,Jawa barat, Jabarexpose. Com – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Bupati sedang melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan perusahaan Chandra Asri dan Bakti Barito Foundation atau Yayasan Bakti Barito, untuk mendukung Program Aspal Plastik dan merupakan salah satu program pemerintah Indonesia dalam rangka mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia. Selasa 8 Maret 2022.

Bupati Garut Rudy Gunawan kabupaten Garut kedepan akan membangun jalan aspal sepanjang 50 km di berbagai ruas jalan di Garut, yang akan dicampur dengan 28.8 juta lembar sampah plastik dari kantong kresek yang sudah dicuci dan dicacah.

Bupati Rudy, Penambahan cacahan sampah plastik ke dalam hotmix aspal ini akan menambah daya tahan dan kualitas aspal sampai 40%, sehingga mengurangi kerusakan. Sampah plastik ini akan disediakan oleh Chandra Asri bekerja sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI).

Bupati Garut Rudy Gunawan, sangat apresiasi dan menyambut baik program kolaborasi ini demi mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Kabupaten Garut dan sekitarnya.

“Penerapan inovasi baru seperti aspal plastik menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Garut.

“Saya berharap kerjasama untuk mengatasi permasalahan sampah plastik ini dapat dilakukan secara konsisten karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama.”

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Garut, Ibu Luna Aviantrini, mengatakan dengan menerapkan inovasi program dalam mengurai permasalahan lingkungan adalah salah satu terobosan yang baik. Kolaborasi untuk menerapkan program aspal plastik yang sebelumnya belum pernah dilakukan di Garut.

Aviantrini, semoga menjadi contoh nyata yang sangat baik untuk mengurai permasalahan lingkungan sekaligus membangun infrastruktur yang mumpuni.

“Dinas PUPR menyambut baik kolaborasi antar pihak ini untuk menghasilkan jalan aspal plastik yang berkualitas dan tahan lama.”Ungkapnya

Seperti di sampaikan Edi Rivai, Direktur Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri mengatakan,

“Sejalan dengan prinsip kami sebagai Mitra Pertumbuhan, kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut menjadi bukti upaya kami untuk terus mencari solusi berkelanjutan atas permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, di Indonesia.

Selanjutnya Kami percaya bahwa permasalahan sampah plastik dapat ditangani dengan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dan semoga ke depannya semakin banyak pihak yang turut berpartisipasi dalam inisiatif ini untuk bersama-sama mendukung Pemerintah Indonesia mencapai tujuan pengelolaan sampah.”

Dian Purbasari, Direktur Bakti Barito Foundation mengatakan, dengan menjaga kelestarian lingkungan adalah salah satu program utama Bakti Barito Foundation dan program aspal plastik ini merupakan contoh konkrit bagaimana kita dapat mengambil solusi terhadap permasalahan sampah plastik.

Bakti Barito Foundation menyambut baik antusiasme Pemerintah Kabupaten Garut dalam upayanya mengelola sampah plastik bersama Kabupaten Garut,

“kami juga memiliki program pendidikan di Sekolah Dasar untuk peningkatan kapasitas guru serta memberikan edukasi bagi siswa siswi terkait perubahan perilaku dan pengelolaan sampah plastik, misalnya melalui aspal plastik.”

kerja sama aspal plastik di Garut ini akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022 sampai tahun 2023. Program ini diperkirakan akan dapat turut mengelola sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Garut sampai sebesar 216.6 ton.”jelasnya dia

“Program aspal plastik ini sebelumnya juga sudah diterapkan di Jabodetabek, Cilegon, Tegal dan Kudus, hasil kolaborasi dari pihak pemerintah dan pihak swasta.”

Reporter : Tono