Kegiatan Vaksinasi Dosis 1 Anak Usia 6-11 Yang Dilaksanakan Di SD Negeri Kemiri V

Kegiatan Vaksinasi Dosis 1 Anak Usia 6-11 Yang Dilaksanakan Di SD Negeri Kemiri V Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang

Jabarexpose.com._Karawang.-
Hari pertama Pelaksanaan giat vaksinasi Covid-19 untuk siswa/i usia 6-11 tahun di Sekolah Dasar Negeri V Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang.

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis sinoVac Dosis 1 , Kegiatan yang dimulai dari pukul 8.40 WIB dilaksanakan dengan beberapa ses.i hal ini guna menghindari kerumunan Siswa/i, juga para orang tua yang mengantar diwajibkan mematuhi aturan protokol kesehatan (Prokes).

Kepala sekolah SDN V Kemiri H.Jatmo Sudrajat S.pd mengatakan, untuk Pelaksanaan vaksinasi bagi anak muridnya yang dilaksanakan hari ini pihak sekolah telah mempersiapkan sarana yang dibutuhkan seperti ruang yang digunakan dan meja. diantaranya meja untuk peregistrasian bagi anak yang akan di vaksin, meja Secreening, meja injeksi (proses vaksinasi) serta ruang tunggu bagi anak yang sudah di vaksin.

‚ÄúSecara tekhnis pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di sekolah kami hari ini tidak ada kendala, karena beberapa hari sebelum pelaksanaan vaksinasi kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk ruang kelas yang digunakan, seperti penyediaan sarana protokol kesehatan (prokes) penyediaan masker dan alat cuci tangan, jadi baik siswa/i termasuk orang tua yang mengantar anaknya wajib menggunakan masker dan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan”, ucapnya Senin (10/01/2022).

Kepala Uptd Puskesmas Jayakerta Hj.Nining Mulyaningsih AM.keb Menyampaikan, dalam kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN kemiri V pihaknya membawa 9 tenaga kesehatan (nakes).

“Dalam kegiatan vaksinasi covid-19 Dosis 1 hari ini di SDN Kemiri V, kami dari Uptd Puskesmas Jayakerta berjumlah 9 orang yaitu terdiri dari 1 orang dokter, 3 orang Bidan, 4 orang perawat dan 1 orang dari bagian Apotek. jadi alhamdulilah lengkap, sedangkan untuk jenis vaksin yang diberikan sendiri yaitu jenis sinoVak”, jelasnya Senin (10/01/2022).

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan vaksinasi diperlukan dukungan dari semua pihak terutama para orang tua murid. mengingat vaksinasi bertujuan membentuk kekebalan tubuh (herd immunity).

“Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun penting dilaksanakan karena bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity), dan tujuan dari vaksinasi covid-19 ini agar seluruh anak terhindar dari penyakit Covid -19 jadi jelas dalam hal ini peran orang tua sangat penting”, jelasnya.

Sementara menurut ketua Tim Kesehatan UPTD Puskesmas Jayakarta dr.Vera, persediaan vaksin Dosis 1 jenis sinoVac untuk hari ini sebanyak 326 Dosis.

“Untuk persediaan vaksin Dosis 1 jenis sinoVac hari ini sebanyak 326 Dosis, dan ini sesuai dengan quota murid yang ada di SDN Kemiri V”,jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan di SD Kemiri V Kecamatan Jayakerta dihadiri Kepala sekolah SDN Kemiri V Jatmo Sudrajat S.pd, Ketua Komite, Staff Kecamatan Jayakerta, Danpospol Jayakarta Aipda Sodikin serta staff guru.

Reporter: (End’us)