Ketua Dpc Lsm Elang Mas Kabupaten Karawang Bersinergi Dengan Satgas Citarum Harum

JABAREXPOSE.COM, KARAWANG – Program Citarum Harum Untuk diketahui, Citarum Harum merupakan salah satu program yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) untuk memulihkan kondisi sungai terpanjang di Jawabarat tersebut.

Sungai Citarum membentang sepanjang 270 kilometer (km) dan bermuara di Muara Gembong Bekasi menuju Laut Jawa, Ungkap SUWANDA Babinsa Jayakerta Dansub 2 Satgas Citarum harum saat di konfirmasi oleh awak media di lokasi bantalan citarum wilayah Rengasdengklok, 05/06/2022.

Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam program Citarum Harum untuk menanggulangi pencemaran air di sungai Citarum,Tegas Fahmi Abdul Qodir, Ketua DPC LSM ELANG MAS (Elemen Pejuang Masyarakat) Kabupaten Karawang.

“Program Citarum Harum” yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No 15/2018 yang ditandatangani oleh Presiden Indonesia, yakni Bapak Joko Widodo pada tanggal 14 Maret 2018. Adapun 2 target utama dari program ini, yaitu bebas banjir dan peningkatan kualitas air sungai Citarum.

Tentunya, program ini akan semakin efektif bila terjalin kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat setempat. Sehingga perlu adanya kebiasaan budaya yang baik dalam masyarakat. Misalnya, dalam pembersihan Sungai Citarum masyarakat sekitar diminta terlibat agar masyarakat merasa memiliki Sungai Citarum. Karena pada dasarnya, bila kita membangun rasa memiliki terhadap lingkungan sekitar hal tersebut juga melatih dalam membentuk rasa empati dalam diri seseorang, Ungkap SUWANDA Dansub 2 Satgas citarum Harum. (Red)