KNPI Kabupaten Karawang gelar pelatihan Budidaya Kelinci dan Domba

Jabarexpose.com._Karawang.- Masih terasa semangat Pemuda dari peringatan hari sumpah pemuda kemarin, semangat memperjuangkan kejayaan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Jika dahulu semangat pemuda untuk bersatu padu dalam mendirikan negara yang merdeka dan kuat. maka semangat dalam konteks kekinian ditambah dengan semangat untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakatnya.

KNPI Kabupaten Karawang terus berusaha mengejawantahkan semangat sumpah pemuda ini. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya kegiatan Pelatihan Budidaya Kelinci dan Domba pada siang hari ini. bertempat di Pondok Pesantren Roudlotut tarbiyah, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang 95 persennya adalah kaum muda. Pelatihan ini langsung dimentori oleh Pemateri satu yaitu Gus Mulqi selaku pimpinan Pondok Pesantren yang sukses memiliki peternakan terpadu Kelinci, dan Pemateri kedua oleh yaitu Muhammad Rezal Fauzi, SP. yang sukses pula memiliki peternakan terpadu domba “Pajero” yang berlokasi di kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang.

Dalam rangkaian acara pembukaan pelatihan tersebut, ketua DPD KNPI Kab. Karawang, Guntar Mahardika, SM, MM. mengatakan kegiatan Pelatihan ini diselenggarakan oleh DPD KNPI Karawang, yang didalamnya terdapat berbagai elemen kepemudaan yang beraneka ragam, selalu semangat ingin memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat, terutama di kabupaten karawang. salah satunya konsennya adalah bagaimana meningkatkan sumber daya manusia agar semakin merata kesejahteraan masyarakat. maka upaya yang dilakukan oleh knpi adalah dengan mengadakan berbagai pendidikan dan pelatihan yang menyentuh kepada masyarakat langsung, serta menjadi jembatan penghubung antara warga dengan pemerintahnya agar terealisasi program-program yang membantu bertumbuhnya tarap kualitas masyarakat.

“KNPI merupakan wadah dari berbagai organisasi pemuda yang notabene terdiri dari para pemikir yang peduli, terus berusaha menghasilkan banyak kebermanfaatan. Tugas KNPI adalah memunculkan tunas-tunas berbakat yang potensial di sekitar warga masyarakat, serta menjembatani kepada dinas-dinas di pemerintahan, sehingga hasilnya turun ke Pak camat, lalu didiskusikan di desa, dan menghasilkan program yang bermanfaat bagi warganya” kata Guntar.

Tokoh Pemuda Karawang yang aktif membina komunitas gank motor ini menegaskan, Pemuda karawang hari ini dan ke depan harus tampil menjadi pemain, penggerak dalam kesejahteraan diri dan masyarakatnya.
“Kita bertekad, harus muncul wirausaha-wirausaha baru d karawang, karena tantangan global ke depan, jangan sampai orang-orang asli karawang hanya diam menonton, tapi orang asli karawang harus mengambil peran penting d daerah ini” pungkasnya.

Pembicara lain pada pembuka acara tersebut adalah bapak Agus somantri, selaku Camat Kecamatan Cibuaya. dalam penyampaiannya, beliau sangat antusias menyambut kegiatan yang diinisiasi oleh KNPI ini, sekaligus berharap ada kesinambungan ke depannya.

” Kami sangat menyambut & berterima kasih, tugas kami mendorong siapapun yang ingin berkontribusi positif untuk masyarakat. dan kami berharap pelatihan ini dapat berkesinambungan, hari ini dari 1 domba, tahun depan bisa menghasilkan banyak domba & kelinci, bahkan bisa menjadi ciri khas domba cibuaya atau karawang” paparnya.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah sambutan dari Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, dalam kesempatan ini kepala dinas diwakili oleh Ibu Sinta, Selaku Penyuluh Pertanian di Kabupaten Karawang. dalam penuturannya, beliau menyampaikan bahwa setiap tahun ada program yg akan mendorong para peternak dan petani yang mensyaratkan di bawah naungan kelompok tani,

” kelompok atau lembaga ternak & pertanian bisa dibantu oleh dinas pertanian, warga agar membentuk kelompok ternak di bawah naungan kelompok tani, sehingga bisa mengajukan proposal program kepada dinas pertanian untuk kemudian kami bantu dan kami dampingi” Kata Bu Sinta.

Di akhir sambutannya, beliau memberikan motivasi tentang kunci menjalankan usaha.
“Modal utama usaha ada dua yaitu : kemauan yang kuat & keterampilan, miliki 2 hal ini, maka akan berhasil menjadi pengusaha sukses”.

Reporter : Ocm/red