Kodim Boyolali Gelar Penguatan Bela Negara Kepada Generasi Muda

Kodim Boyolali Gelar Penguatan Bela Negara Kepada Generasi Muda

Jabarexpose.com._Boyolali. Upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk generasi muda, Kodim 0724/Boyolali memberikan sosialisasi penguatan bela negara kepada generasi muda siswa dan siswi SMK /SMA yang ada di Boyolali bertempat di Aula Makodim 0724/Boyoalli Jl. Padanaran Desa Tegalmulyo Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali, Jumat ( 7/10/22).

Dandim 0724/Boyolali Letkol Ronald F Siwabessy, M.A. melalui Pasi Ter Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Suparman dalam pemaparannya terkait bela negara menyampaikan tentang pentingnya menjadi pelajar Pancasila.

Dikatakan, pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai insan pembelajar sepanjang hayat, yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Dengan enam ciri utama, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” terang Kapten Inf Suparman

Pemateri lain, Kapten Inf Budiyanto menekankan bahwa generasi muda harus memiliki sikap patriotik dalam membela negara Indonesia, berlandaskan tiga dasar pemikiran yakni, Cyber War sebagai salah satu ancaman yang bersifat Multidimensional, Ancaman Pandemi Covid-19 dan imbasnya pada dunia pendidikan serta Kesadaran dalam mentaati hukum yang merupakan salah satu Fondasi dari Konsepsi Bela Negara.

Kapten Inf Budiyanto juga menegaskan bahwa bela negara merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa pengecualian, karena kedamaian dan ketentraman saat ini merupakan sebuah anugerah yang tidak didapatkan secara mudah, melainkan melalui pertumpahan darah, tangisan, dan jeritan pejuang-pejuang Indonesia.

“Membela negara bukan hanya dalam wujud perang bersenjata, salah satu unsur dari bela negara adalah mengembangkan sikap disiplin dan rajin belajar.

Sedangkan manfaat lainnya dari perwujudan bela negara bagi generasi muda antara lain, membentuk sikap disiplin baik waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lainnya, kemudian membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental maupun fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa serta patriotisme sesuai dengan kemampuan diri ” pungkas Kapten Inf Budiyanto.

Reporter : Agus/red