Monitoring Evaluasi Tim Inspektorat Berjalan Lancar Di Desa Kutajaya

JABAREXPOSE.COM,KARAWANG – Secara umum Monitoring dan Evaluasi atau yang sering dikenal Monev, ini bertujuan untuk memastikan penggunaan Dana Desa tersebut dilaksanakan sesuai dengan efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan apa yang ada didalam perencanaan.

Rombongan Tim Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Dana Desa tahun 2022, Inspektorat Kabupaten Karawang, langsung disambut oleh Kepala Desa Kutajaya Deni Lesmana. Kemudian setelah berbincang sejenak Tim diajak meninjau hasil pembangunan di Desa Kutajaya.

Dalam Monev ini, di dampingi oleh sejumlah Perangkat Desa, BPD, Pendamping Lokal Desa, Kasi Trantib Rohendi dan Pendamping Kecamatan serta perwakilan dari Camat Kutawaluya yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut.

Saat di konfirmasi Kepala Desa Kutajaya Deni Lesmana, menyampaikan bahwa kegiatan monev bukan merupakan hal baru bagi perangkat desa, sebab secara rutin telah dilakukan dengan harapan mendapatkan perbaikan kinerja kedepannya. Pada monev ini juga diharapkan terjadinya koordinasi yang baik antara Tim Monev Inspektorat dengan perangkat desa.

“Ketika desa mengalami sedikit perbedaan perspektif dalam menyikapi permasalahan yang ada diharapkan agar Tim mengarahkannya, jadikan kegiatan monev yang dilakukan ini sebagai ajang koordinasi dan komunikasi”, Ujar Kepala Desa Kutajaya Deni Lemana, Kamis (19/05/2022) di kantor desa Kutajaya.

Pemerintah mengalokasikan Dana Desa TA 2022, ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. Semoga apa yang diharapkan dan dicita-citakan dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pemeriksaan ditutup dengan penyampaian hasil evaluasi oleh masing-masing dari Tim Inspektorat. Allhamdulillah tidak banyak kekurangan yang berarti, hanya penambahan lampiran terkait laporan pelaksanaan terkait bidang-bidang pemerintahan, tutup Deni Lesmana.

Reporter : Fahmi / Lalan