Pemkab Garut Anggarkan 110 M Rupiah Untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan Tahun 2023

Pemkab Garut Anggarkan 110 M Rupiah Untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan Tahun 2023

Jabarexpose.com._GARUT.-Kamis 19 Januari 2022, – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan melakukan perbaikan 8 ruas jalan di Kabupaten Garut pada tahun 2023. Rencananya akan terselesaikan sebelum Hari Raya IdulFitri.

Hal ini diungkapkan Bupati Garut di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut,

“Satu adalah kita menyelesaikan dari STM sampai dengan yang sekarang di Bagendit, itu (akan) mulus. Yang kedua dari kemarin yang belum beres dari Layungsari terus sampai ke Sukawening, sampai ke Cibatu beres, terus kita akan melanjutkan yang kemarin selesai di Samarang sampai ke panunjuk,” ucap Bupati Garut

Selain ruas jalan Bagendit, Sukawening, dan Cibatu, Rudy menuturkan, pihaknya akan melakukan perbaikan di ruas jalan perkotaan seperti Jalan Mandalagiri dan Jalan Ciledug dengan nilai anggaran sebesar 10 miliar untuk ruas perkotaan.

“Nah, terus kita akan melanjutkan yang namanya ke objek wisata, yang Objek Wisata itu satu ke Gunung Papandayan tuntas, dua ke Telaga Bodas, tapi Telaga Bodas hanya 5 kilometer lah tapi ke sananya kan bagus kan, yang jeleknya ke sananya itu ke Talaga Bodas (diperbaiki),” lanjutnya.

Rudy mengungkapkan, pihaknya juga berencana melakukan perbaikan jalan dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Mekarmukti, kemudian dilanjutkan dari Jalan Tegal Gede menuju Condong dan Karangsari

“(masuknya) perbaikan dari Bungbulang ke Mekarmukti, terus kita lanjutkan jalan dari Tegal Gede menuju Condong menuju ke Karangsari ya, itu satu tahap pertama itu,” tuturnya.

Rudy menerangkan, pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan ini kurang lebih 110 miliar rupiah berasal dari berbagai anggaran dengan jumlah panjang keseluruhan sekira 80 km.

Bupati Garut memastikan pula akan membangun Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan-jalan utama yang anggarannya berasal dari dana bantuan provinsi dan bagi hasil dengan provinsi.

‘Jadi penerangan jalan di Garut itu sangat jelek pak bukan di Garut saja yah, itu hanya 12% dari ruas jalan yang diterangi, sekarang kita naikkan, ya dinaikkannya hanya 10% jadi 22%,” tandasnya.

Selain sidak ke Dinas PUPR Kabupaten Garut, sidak juga dilakukan bupati ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut di Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Reporter : Tono