Polres Purwakarta Terus Lakukan Sosialisasi P4GN Kepada Pelajar Di Kampung Bebas Dari Narkoba

Polres Purwakarta Terus Lakukan Sosialisasi P4GN Kepada Pelajar Di Kampung Bebas Dari Narkoba

Jabarexpose.com._Purwakarta._ Peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Purwakarta kian marak dan menyasar semua kalangan termasuk pelajar serta remaja.

Berbagai upaya dilakukan Polres Purwakarta untuk bentengi para generasi muda di Kabupaten Purwakarta agar tak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, salahsatunya dengan memberikan sosialisasi bahaya narkoba di Kampung Bebas Dari Narkoba.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Res Narkoba, AKP Budi Harto mengatakan berbagi upaya preventif terus dilakukan guna mencegah pelajar terjerumus kedalam peredaran narkoba, salah satunya dengan menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) terhadap para pelajar.

“Remaja adalah fase transisi dari kanak-kanak menuju dewasa sehingga rentan terlibat perilaku berisiko. Untuk penyuluhan terkait bahaya narkotika sangat penting untuk terus dilaksanakan di sekolah-sekolah, agar pelajar menjadi lebih waspada dan terhindar dari jeratan narkotika dan obat-obatan terlarang,” ucap pria yang akrab disapa Budi itu, pada Rabu, (06/09/2023).

Budi menjelaskan, polisi dari satuan narkoba terus melakukan edukasi kepada para siswa dengan cara datang sekolah-sekolah. Untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik.

“Seperti yang dilakukan saat kepada pelajar di SMAN 1 Sukatani. Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkotika juga sebagai sebuah referensi sehingga siswa bisa mengerti tentang jenis- jenis Narkoba. Seperti diatur Undang Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009, setelah siswa mengerti tentang bahaya narkoba di kemudian hari akan terhindar dari barang yang dilarang oleh negara. Sehingga akan lahir generasi muda Purwakarta yang aman dan bebas dari jerat narkoba,” sebut Budi.

Dia mengajak semua masyarakat, termasuk para pelajar berperan aktif dalam memerangi narkotika, salah satu cara dengan ikut berpartisipasi mengawasi dan mengamati jika ada yang mencurigakan bisa langsung ke polisi.

“Jika menemukan hal mencurigakan terkait dugaan peredaran narkotika, segera laporan ke Polres Purwakarta atau bisa mengirim WhatsApp ke WhatsApp (WA) 0812-8761-7211 dan Hotline layanan Polri Call Centre di 110. Mari kita pahami bahaya narkoba dan yang paling penting perkuat benteng diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan gara selalu waspada terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika,” ucap AKP Budi Suheri.

Reporter : Nurhapipah/Eva