Tim Trauma Healing Di terjunkan Dari  Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Bantu Korban Gempa Cianjur 

Tim Trauma Healing Di terjunkan Dari  Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Bantu Korban Gempa Cianjur 

Jabarexpose.com._Karawang. – Bencana ini meninggalkan duka dan perasaan sedih bagi beberapa keluarga yang kehilangan harta benda dan anggota keluarganya, dilaporkan banyak meninggal dunia.

Luka berat, ringan dan ribu orang mengungsi. Masyarakat dilanda keputusasaan, rasa tak berdaya dan depresi menjadi problem cukup serius yang perlu segera ditangani. Perlu ada intervensi untuk menghilangkan stress dan duka, terutama dikalangan anak-anak.

Berangkat dari itu, Universitas Buana Perjuangan (UBP) segera menurunkan Tim Trauma healing pasca bencana yang di tugaskan kepada Fakultas Psikologi.

Salah satu intervensi yang dilakukan adalah dengan melakukan pemulihan trauma, atau popular disebut “Trauma Healing”.

“Maka kami berinisiatif dan berkoordinasi dengan pihak otoritas penanggulangan bencana disana untuk ikut serta menurunkan Tim dari Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang,” kata Wilda Ketua Departemen pengabdian masyarakat BEM Fakultas Psikologi UBP Karawang.

Menurutnya, tim yang diturunkan oleh pihak Universitas untuk menangani trauma healing pasca bencana terdiri dari mahasiswa yang juga sebagai pengurus BEM Fakultas Psikologi UBP Karawang.

Selain melaksanakan trauma healing tim juga membantu pendistribusian makanan, alat kesehatan, dan tenda penampungan.

“Memang itu bantuan fisik, tapi juga bisa membantu masyarakat secara psikologis.
Pendekatan lain yang perlu ditempuh adalah pemberian bantuan psikologis awal atau Psychological First Aid (PFA),” ujarnya.

“Intinya mendengarkan tapi tidak banyak bertanya. Memberi ruang untuk menyampaikan rasa takut. Penyintas juga diberikan edukasi soal informasi bencana atau informasi bantuan, termasuk juga Kegiatan sosial lainnya seperti memasak di dapur umum, sekolah sementara, atau melakukan kegiatan bersama anak-anak,” tambahnya.

“Kami hadir ditengah mereka, merasakan betul bagaimana duka yang di alami mereka disana akan tetapi semua sudah terjadi dan kita sebagai mahasiswa Psikologi berupaya untuk memberikan sebuah harapan agar semuanya bisa kembali hidup bahagia dan lebih kuat lagi secara mental kedepan,” kata Wilda lagi.

Agung, Ketua Departemen Kajian Aksi strategi dan advokasi BEM fakultas psikologi UBP Karawang, menambahkan “Kita akan bergantian bertugas disini, tim setelah kami juga akan kembali datang yang dibagi beberapa kloter sampai penanggulangan pasca bencana selesai. Tidak lupa Terimakasih juga kami ucapkan kepada para dermawan yang telah menyalurkan donasi melalui kami,” pungkasnya.

Reporter : Ocm/red