TMMD Salah Satu Bentuk Pengabdian TNI Untuk Negeri

Jabarexpose.com._Boyolali,โ€“ Pembukaan Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 Kodim 0724/Boyolali berlangsung di Lapangan Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Rabu ( 08/05/24).

Kegiatan ini, resmi dimulai dengan penandatanganan naskah pembukaan TMMD, antara Bupati Boyolali Bapak M Said Hidayat, SH bersama Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S.Pd, M.Han di Lapangan Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali.

Bupati Boyolali Bapak M Said Hidayat, S H mengatakan Puji dan syukur, marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga kita dapat hadir dalam acara Upacara Pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kabupaten Boyolali Tahun 2024 dalam keadaan sehat walโ€™afiat tanpa kurang suatu apapun.

Seperti kita ketahui TMMD Sengkuyung adalah program terpadu antara TNI dengan Pemerintah Daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar supaya roda perekonomian berjalan dengan baik di daerah, juga bertujuan untuk mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.
Pada moment ini juga kita harapkan bisa terjalin fungsi koordinasi dan sinergitas program di masing -masing Perangkat Daerah, untuk itu mari kita optimalkan berbagai macam program kegiatan lintas sektoral guna membantu dalam penanggulangan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan penyelesaian permasalahan-permasalahan kita di Kabupaten Boyolali.

Sebagaimana tema TMMD kali ini yaitu โ€œDharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayahโ€, hal ini sejalan pula dengan semangat Kabupaten Boyolali dalam membangun dan memajukan Boyolali.

TMMD diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat guna meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerahnya.

Sasaran TMMD Sengkuyung Tahap II ini mencakup kegiatan fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik berupa Pembangunan Jalan dan Talud Jalan untuk akses mobilitas masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan dan roda perekonomian masyarakat.

Sasaran Nonfisik, yaitu melaksanakan Kegiatan Pembagian Sembako Gratis, Perpustakaan Keliling, Pasar Murah Sembako, Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI, Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba dan Terorisme, Pelayanan KB dan Kesehatan Gratis, Pemberian Bantuan Al Qurโ€™an, Penyuluhan Pencegahan Stunting dari Hulu adalah tanggung jawab bersama, Edukasi Kesehatan Mental, Penyuluhan Pencegahan KDRT, Motivasi untuk penyandang difabel dan keluarganya, Penyuluhan Gelari Pelangi, Sosialisasi / Pelatihan pembuatan pakan ternak, Penyuluhan Pengelolaan Sampah, Donor Darah dan lain sebagainya.

Kita ingin desa-desa di Kabupaten Boyolali ini semakin maju, mandiri dan masyarakatnya semakin makmur sejahtera, inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama.

Sebelum saya akhiri sambutan, sekali lagi saya minta kepada semua Badan/Dinas/Kantor/Instansi, dan TNI/Polri serta masyarakat untuk bekerja sama bahu membahu dalam suasana kegotongroyongan mendukung keberhasilan pelaksanaan Kegiatan TMMD Sengkuyung ini.

Dan kepada masyarakat Desa Gunung Kecamatan Simo, saya berharap untuk selalu memelihara semangat gotong royong dan menjaga serta melestarikan hasil dari TMMD Sengkuyung ini.

Akhirnya dengan mengucap : โ€œBismillahirrahmanirrahimโ€ Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun 2024, Saya Nyatakan Dibuka.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing, memberikan kekuatan lahir batin, dan diridhoi, usaha kita semua

Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S.Pd, M.Han menambahkan mengatakan Program TMMD Sengkuyung Tahap II kali ini akan dilaksanakan di Desa Gunung Kecamatan Simo selama 30 hari, dimulai tanggal 08 Mei dan ditargetkan rampung pada 06 Juni 2024

โ€œ Ada dua sasaran yang akan kita laksanakan terdiri dari sasaran fisik dan non fisik,โ€ ungkapnya.

Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan meliputi pembangunan jalan Betonisasi sepanjang 1010 meter dengan lebar 3,5 meter, tinggi 0,12 meter, termasuk juga pembangunan talud dengan volume 175 M dan panjang 200 M

Dandim mengungkapkan alasan dipilihnya jalan ini Selain memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Gunung, juga akan bermanfaat bagi desa sekitarnya. Sehingga bisa mendorong tumbuh kembangnya perekonomian setempat karena baiknya akses infrastruktur, akses jalan di Desa Gunung, dan juga yang menghubungkan ke Kabupaten Semarang.

Reporter : Agus.k/red